Skip to content
Menu
PERBARINDO
  • HOME
  • PENGURUS
    • DPP PERBARINDO
    • DPD PERBARINDO
  • ANGGOTA
  • TENTANG KAMI
  • KONTAK KAMI
  • GALLERY
  • DOWLOAD MATERI
  • REGULASI
    • UNDANG – UNDANG PERBANKAN
    • REGULASI OJK
    • REGULASI LPS
    • REGULASI BI
    • REGULASI PEMERINTAH
    • REGULASI DEPARTEMEN KEUANGAN
    • REGULASI PPATK
PERBARINDO

Ini Tips Agar UKM Bisa Go International

Posted on February 21, 2017July 10, 2018

Ini Tips Agar UKM Bisa Go InternationalJakarta – Presiden Direktur Baba Rafi Indonesia, Hendy Setiono memiliki 1300 outlet di 9 negara saat ini. Dia mengembangkan usahanya dari UKM menjadi bisnis waralaba atau franchise.

Menurutnya ada tiga kunci sukses agar UKM bisa go international. Yang pertama memiliki kemasan yang bagus dan branding yang baik.

“Ada tiga kunci sukses supaya merek UKM lokal bisa go global. Segi kemasan dan branding,” ujar Hendy usai diskusi UKM next level, di kantor Hipmi, Menara Bidakara 2, Jakarta Selatan, Senin (20/2/2017).

Kemasan yang baik dan menarik menurutnya sangat diperlukan agar banyak yang mau membeli meskipun rasa dari produk itu tidak kalah penting. Penting baginya, kemasan yang didesain harus menarik untuk masuk ke pasar global.

“Dengan adanya kemasan dan branding proporsional membuat lebih mudah untuk dikembangkan ekspor,” ujarnya.

Kedua, dari segi manajemen menurutnya harus memiliki SDM yang juga siap berskala global. Jika memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang bagus maka akan lebih mudah memasarkan di pasar internasional.

“Kuncinya untuk menjadi wirausaha siap ekspor ya menyiapkan SDM manajemennya dengan SDM yang skala global juga. Mereka yang punya kemampuan bahasa Inggris yang baik tentu lebih mudah jualan. Yang punya pengalaman mengerti bagaimana melakukan bisnis di luar negeri pasti lebih menang juga,” ujarnya.

Ketiga, dia menyebut pengusaha saat ini harus melek teknologi, baik promosi lewat internet seperti media sosial maupun e-commerce. Memurutnya, promosi harus digencarkan lewat dunia maya untuk memperluas pasar.

“Kita punya produk bagus tapi kalau hanya dikenal dalam negeri tentu tidak diketahui di luar sehingga kalau kita aktif di online atau sosmed dengan satu kemasan konten bagus, akan menjadi daya tarik dari calon pembeli di luar negeri untuk mau membeli produk kita,” ungkap Hendy

PERBARINDO CHANNEL

MEDIA BPR ONLINE

MEDIA BPR ONLINE FEB 2020

KUISIONER MAGANG BPR-BPRS

Recent Posts

  • SE Nomor 22 Tahun 2021 Tentang Penetapan Tingkat Bunga Penjaminan Untuk Simpanan Di BPR
  • PJJ SERTIFIKASI PE AUDIT INTERN
  • Lomba Karya Jurnalistik ( Khusus Karyawan BPR-BPRS)
  • LOMBA KARYA JURNALISTIK (KHUSUS MAHASISWA)
  • LOMBA KARYA JURNALISTIK (KHUSUS WARTAWAN)
  • TOP 100 BPR The Finance, Jumat, 18 Juli 2021
  • Frame Foto, Hari BPR-BPRS Nasioanal (Berhadiah)
  • Sayembara Pemeberian Nama MASCOT Hari BPR-BPRS Nasional

RUMAH PERBARINDO

Komplek Patra II No. 46
Jl. Ahmad Yani – Bypass, Cempaka Putih
Jakarta Pusat 10510
Telp   : 021-4261445
Fax     : 021-4261463
email : dpp@perbarindo.or.id
www.perbarindo.or.id

LINK

  • BI
  • OJK
  • WEBSITE DPD JATENG

SISTEM INFORMASI PERBARINDO

©2022 PERBARINDO | WordPress Theme by Superbthemes.com